Rabu, 08 Juni 2011

(SNB) Social Network Business

SNB (Social Network Business)

Social Network Business atau yang dalam bahasa Indonesia biasa disebut dengan layanan jaringan sosial adalah layanan online atau situs yang berfokus pada bangunan dan mencerminkan dari hubungan sosial antara orang-orang. Kebanyakan layanan jaringan sosial berbasis web dan menyediakan sarana bagi pengguna untuk berinteraksi melalui internet , seperti e-mail dan pesan instan. Dalam arti lain, layanan jaringan sosial biasanya berarti berpusat-pelayanan individual sedangkan komunitas online layanan adalah kelompok-berpusat. Situs jejaring sosial memungkinkan pengguna untuk berbagi gagasan, kegiatan, acara, dan kepentingan dalam jaringan masing-masing.
Jenis utama layanan jaringan sosial adalah mereka yang berisi kategori tempat-tempat (seperti reuni sekolah atau sekelas), sarana untuk terhubung dengan teman-teman dan sistem rekomendasi terkait dengan kepercayaan. Metode populer sekarang menggabungkan keseluruhannya, dengan Facebook , Bebo dan Twitter banyak digunakan di seluruh dunia, MySpace dan LinkedIn yang paling banyak digunakan di Amerika Utara, Nexopia terutama di Kanada, Hi5 dan Hyves kebanyakan di Belanda, StudiVZ kebanyakan di Jerman, iWiW kebanyakan di Hungaria; Tuenti kebanyakan di Spanyol; Nasza-Klasa terutama di Polandia; Decayenne , Tagged , XING ,Badoo dan Skyrock di beberapa bagian Eropa dan masih banyak lagi jejaring sosial yang berbeda-beda di setiap negara.

Analysis

Berikut ini adalah alasan menagapa jejaring sosial sangat diminati :

  • Mudah memasarkan suatu produk, jadi kita tidak perlu repot untuk memasarkan suatu barang, kita hanya membutuhkan suatu koneksi internet.
  • Dalam mengupdate produk yang dipasarkan jauh lebih mudah dan lebih cepat. Jika kita ingin memasarkan produk baru, contohnya saja barang keluaran baru kita tinggal meng-upload atau mengunggah foto-foto jualan kita di situs jejaring sosial tersebut dan mencantumkan keterangan seperti halnya ukuran, harga, atau rasa.
  • Banyak tersedia layanan jejaringan social yang membantu dalam pemasaran produk. Facebook salah satu jejaring sosial yang membantu dalam pemasaran produk. Kita bisa mendaftarkan usaha kita dan jika ada yang log in facebook maka akun kita akan tampil di facebook mereka.

Success Story

Awalnya situs ini dibuat sebagai situs jaringan pertemanan terbatas pada kalangan kampus pembuatnya, yakni Mark Zuckerberg. Mahasiswa Harvard University tersebut saat itu mencoba membuat satu program yang bisa menghubungkan teman-teman satu kampusnya.

Ide berawal ketika dia berkenalan dengan Adam D’Angelo. Zuckerberg lulus dan masuk Harvard University, awalnya membuat program Coursematch yang memungkinkan mahasiswa di kelas yang sama bisa melihat daftar teman-teman sekelas. Proyek selanjutnya membuat facemash.com. Lewat situs ini para pengunjung bisa memberi tanda apakah “jelek” atau “keran” foto seorang siswa, yang kemudian membuat Mark dipanggil oleh Badan Administrasi Universitas Harvard karena dianggap membobol sistem keamanan komputer kampus, melanggar peraturan privasi di internet, dan melanggar hak cipta. Setelah itu Mark membuat situs facebook yang diluncurkan pada tahun 2004.

Dalam waktu singkat para mahasiswa Harvard jadi pengguna Facebook. Teman sekamarnya, Dustin Moskovitz dan Chris Hugh, berhasil mengembangkan situs pertemanan tersebut ke Universitas Stanford, Columbia, Yale, Ivy College, dan beberapa sekolah lainnya di wilayah Boston. Dalam waktu singkat, mereka meluncurkan Facebook ke 30 sekolah.

Bersama ketiga rekannya Andrew McCollum, Dustin Moskovitz dan Chris Hughes-Mark mereka keluar dari Harvard kemudian pindah ke Palo Alto untuk serius mengembangankan facebook. Kemudian Zuckerberg bertemu Peter Thiel, pendiri Paypal, yang ngasih dana segar sebesar US$ 500.000. Pada 23 Agustus 2005 Zuckerberg membeli domain facebook.com dari Aboutface Corporation senilai US$ 200.000 atau sekitar Rp 1,86 miliar.

Semenjak saat itu banyak orang-orang yang mengakses situs ini, kemudian banyak pengusaha yang memberikan modal untuk pengembangan facebook bahkan Bill Gates membeli 1,6% saham Facebook seharga US$ 240 juta. Harta yang dimiliki Zuckerberg sekarang sekitar US$ 3 miliar atau sekitar Rp 27,9 triliun. Dengan penghasilan seperti itu, Mark menjadi triliuner terkaya dan termuda saat ini.

Sumber :

http://shifaannida.blogspot.com/2010/10/snb-social-network-business.html

http://nienmp.blogspot.com/2010/11/social-network-business-snb.htmlhttp://id.shvoong.com/humanities/history/1946922-sejarah-facebook/

http://symphonyoffika.blogspot.com/2010/12/social-network-business-snb.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar